Rendang Sapi

Rendang adalah kari daging yang sangat beraroma yang berasal dari masakan Padang di Sumatra barat-tengah di Indonesia. Menu Hidangan ini telah menjadi terkenal di seluruh kepulauan Indonesia, bahkan hingga sampai ke negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Beberapa orang menganggapnya sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Ini adalah menu kari yang membutuhkan waktu. Pendidihan lambat memusatkan rasa dan membuat dagingnya empuk dan lembut.

Banyak sekali jenis atau variasi bumbu untuk membuat masakan rendang daging ini pada setiap daerah. Anda bisa pilih jenis bumbu yang cocok untuk dinikmati.

BAHAN (4 hingga 6 porsi)

1/2 kg daging sapi potong sesuai selera
10 siung Bawang merah yang sudah dicincang
5 siung Bawang putih yang sudah dicincang
1 sendok teh Garam untuk penyedap
1/2 sendok teh bubuk Kunyit halus
1/2 sendok makan Merica dan Ketumbar bubuk
2 ruas Jahe atau lengkuas
2 batang Serai
1 sendok makan Gula
1 sendok makan Garam
4 cangkir Santan
Minyak goreng untuk memasak

Tahap Memasak

  1. Masukkan bawang merah, cabai, bawang putih, garam dan kunyit ke dalam food processor atau blender dengan sedikit air dan proses hingga menjadi pure.
  2. Panaskan minyak dalam wajan besar atau wajan di atas api sedang-tinggi. Tambahkan pure bawang bombay dan tumis hingga harum dan sebagian airnya habis. Tambahkan daging sapi dan terus tumis sampai daging berwarna kecokelatan dan haluskan bawang bombay menjadi pasta, 4 hingga 5 menit.
  3. Aduk sisa bahan dan didihkan. Kurangi panas menjadi rendah dan didihkan selama 1 1/2 sampai 3 jam, atau sampai daging sapi sangat empuk dan saus berkurang menjadi kuah kental. Kadang-kadang perlu menambahkan sedikit air jika saus menjadi terlalu kering sebelum dagingnya empuk.
  4. Selama proses memasak, minyak akan terpisah dari santan dan naik ke atas hidangan, dan rendang biasanya cukup berminyak. Anda dapat menyaring sebagian minyak berlebih dari bagian atas piring jika Anda mau. Tetapi pastikan untuk meninggalkan beberapa untuk rasa dan untuk langkah selanjutnya.
  5. Bila daging sudah sangat empuk, biarkan sisa air menguap keluar sehingga daging menggoreng perlahan dalam minyak kelapa yang sudah keluar. Biarkan daging menggoreng dengan cara ini selama 10 hingga 15 menit lagi.
  6. Sesuaikan bumbu secukupnya dengan garam dan gula dan sajikan dengan nasi atau ketupat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *