Cara Memasak Ayam Kung Pao

Ayam Kung Pao adalah hidangan Cina terkenal yang dibuat dengan potongan ayam, cabai, dan kacang tanah. Di beberapa negara Barat, hidangan yang terkenal di dunia ini identik dengan masakan Cina.

Bahan dan Bumbu

Bahan utama: 400-500g ayam, 100g kacang tanah

Bumbu: cabai merah kering, 5 daun bawang, 1 ruas jahe, 5 butir bawang putih, 30 gram minyak goreng, 15 gram saus kacang panjang, 5 gram arak, 15 gram tepung kanji, 2 gram garam, 5 gram cuka beras, 10 gram kecap, dan 5g gula

Untuk bumbunya bisa Anda sesuaikan sesuai selera masing-masing.
(Anda bisa tidak gunakan cabai untuk ayam Kung Pao yang tidak pedas.)

Yang Harus Dipersiapkan

  1. Daging dada ayam harus dibersihkan dan potong kotak-kotak.
  2. Aduk bersama arak masak, tepung kanji, dan garam, dan rendam kubus ayam dalam campuran selama setengah jam.
  3. Siapkan kacang tanah untuk dimasukan kedalam air panas untuk dibuang kulitnya selama 10 menit.
  4. Bersihkan cabai merah kering dan potong kecil-kecil. Bersihkan dan potong bawang hijau. Bersihkan dan iris jahe dan bawang putih.
  5. Siapkan bahan-bahan seperti gula, kecap, cuka beras, dan anggur masak untuk membuat saus.

Petunjuk Memasak

  1. Gunakan minyak secukupnya untuk menggoreng kacang sampai menguning, tiriskan, dan taruh di piring agar dingin. Kacang dingin lebih renyah.
  2. Gunakan api besar, panaskan minyak dalam wajan yang sudah panas, lalu masukkan potongan ayam, dan goreng hingga agak kecoklatan. Tiriskan dan angkat ke piring.
  3. Sisakan sedikit minyak goreng di wajan, dan tumis cabai kering dengan api besar selama 30 detik agar bumbunya meresap.
  4. Kemudian masukkan kembali potongan ayam goreng dan tambahkan irisan bawang putih dan jahe, serta saus kacang panjang yang kental. Buat saus hingga menjadi merah dengan cara ditumis.
  5. Tuangkan saus tepung serta daun bawang yang sudah dicincang, dan taruh kacang goreng yang sudah bersuhu dingin. Tumis bersama selama 30 detik.
  6. Sajikan di piring.

Sejarah Menu Masakah Ayam Kung Pao

Menu ini tercipta oleh Ding Baozhen (1820–1886), beliau merupakan seorang gubernur Provinsi Sichuan pada masa Dinasti Qing. Dia berasal dari Kota Niuchang, Kabupaten Zhijin, Kota Bijie, Provinsi Guizhou.

Menurut legenda, Ding Baozhen sangat tertarik dengan memasak. Beliau juga suka sekali makanan yang menggunakan bahan utaman ayam dan kacang, dan terutama menyukai rasa pedas. Dia menciptakan kelezatan yang terbuat dari ayam potong dadu, cabai merah, dan kacang tanah saat di kantor.

Ini awalnya adalah resep keluarga Ding, tetapi seiring berjalannya waktu, itu menjadi hidangan yang terkenal. Namun, hanya sedikit orang yang tahu mengapa dinamakan Kung Pao.

Ding Baozhen adalah seorang gubernur yang baik selama 10 tahun pelayanannya di Sichuan, memberikan banyak kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Jadi pemerintah Qing menganugerahkan kepadanya gelar resmi secara anumerta: Kung Pao (romanisasi Wade-Giles dari Gōng Bǎo ‘Pembela Istana’), yang berarti seorang perwira yang mengajari putra mahkota.

Oleh karena itu, kelezatan Ding diberi nama “Ayam Kung Pao” untuk mengenang kontribusi besarnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *